Pemkab Demak Gelar Sosialisasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik

Demak – Pemerintah Kabupaten Demak gelar Sosialisasi Kepada Pelaku Pengaadaan tentang SPSE (Sistem Pengadaan Secara Elektronik) V4, 5, produk dalam Negeri (PDN) dan Katalog Lokal dalam Pelaksanaan APBD TA 2023, di Ruang Rapat Wakil Bupati, Gedung C, Lantai II Sekretariat Daerah Kabupaten Demak, Rabu, (21/12/22).

Hadir dalam kegiatan tersebut Pj. Sekda Eko Pringgolaksito, Asisten Perekonomian dan Pembangunan M. Agus Nugroho Luhur Pambudi, Kabag PBJ, Subkoor PBJ, Ketua Harian P3DN sekaligus Kepala Dinnakerind dan tamu undangan.

Pj. Sekda Eko Pringgolaksito dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini yakni untuk peningkatan kualitas perencanaan PBJ, penegas kewajiban dalam penggunaan produk dalam negeri, penegas pengalihan proses pengadaan yang semua dari manual untuk beralih ke elektronik, selanjutnya penegasan untuk kebutuhan kendaraan dinas menggunakan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

Namun ada beberapa permasalahan yang terjadi seperti proses pemilihan baru mulai pada TW II dan TW IV (khususnya bulan November-Desember).

“Sehingga terjadi penumpukan proses pemilihan yang disebabkan oleh penjadwalan PA/PPK tidak sesuai dengan komitmen pada input pengumuman RUP, kemudian PA/PPK perlu memastikan rencana, sehingga alokasi dan realisasi paling sedikit 40% anggaran belanja barang/jasa untuk UMK dan koperasi serta produk dalam negeri.” Kata Eko.

Lanjutnya, “pada TA 2022 PA/PPK masih melakukan pengadaan secara manual, dan Pemkab demak belum Menyusun kebijakan berkaitan dengan katalog elektronik, sehingga pada TA 2022 pengadaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai baru ada di sebagian OPD kabupaten Demak, ” Ungkapnya.

Sementara, Asisten Perekonomian dan Pembangunan M. Agus Nugroho Luhur Pambudi dalam kesempatan tersebut memberikan arahan untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri di lingkungan pemkab Demak dengan cara merencanakan penggunaan produk dalam negeri dan UMKK, melaksanakan atau merealisasi penggunaan produk dalam negeri dan UMKK, melaporkan realisasi penggunaan produk dalam negeri dan UMKK.

Kemudian untuk peningkatan pemanfaatan katalog lokal untuk PBJ (Pengadsan Barang/Jasa) di lingkungan pemkab demak yakni dengan merencanakan belanja barang jasa pada katalog local, menginventarisir kebutuhan barang jasa OPD untuk ditayangkan pada katalog lokal, kemudian melaksanakan belanja jasa pada katalog lokal, mendorong UMKK yang sering bertransaksi dengan OPD masuk dalam katalog lokal. (Kominfo/Apj).

Bagikan

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For the Audio Comments plugin to work, you need the Audior files to be uploaded to the wp-content/plugins/audio-comments/audior folder. For more details check out the installation instructions.