KPU Gelar Pelatihan Pengelolaan Media Bakohumas

Demak – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak menggelar Pelatihan Pengelolaan Media Bakohumas (Badan Koordinasi Kehumasan) KPU untuk Pemilu 2024, Rabu (21/12/22) di RM Ilat Jowo.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua KPU Demak Bambang Setiabudi, Sekretaris dan Pejabat Struktural KPU, Anggota KPU, Perwakilan dari Dinkominfo Kabupaten Demak serta menghadirkan 2 narasumber yakni Coach Transformasi Pendidikan EDUTRANS.ID Hendi Pratama dan Divisi Pelatihan dan Pengembangan Nurian Institute Didit Suryo Tri P.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Demak Bambang Setiabudi menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka penguatan internal KPU terutama pada bidang Kehumasan.

“KPU sudah masuk tahapan pemilu yang berjalan 6 bulan, namun yang menjadi masalah, masyarakat tidak tahu apa yang dilakukan KPU, ini menjadi penting karena tugas Humas KPU untuk merangkum kegiatan KPU saat itu,”kata Bambang.

Menurut Bambang, Kehumasan menjadi penentu partisipasi masyarakat di Kabupaten Demak. Bagaimana menyampaikan pesan pemilu mudah diterima masyarakat

“Kita butuh konten yang mudah di pahami semua pihak. Bagaimana tim Kehumasan ini menjadi corong lembaga dan menyampaikan informasi terkait lembaga dan kepemiluan,”terangnya.

Sementara, dalam pemaparan materinya Coach Transformasi Pendidikan EDUTRANS.ID Hendi Pratama mengatakan, kemampuan yang harus dimiliki Bakohumas dalam mengelola opini publik yakni harus mengenal teori wacana, menggenal teknik press realease dan press conference, menguasai teknik berita yang baik dan benar.
Kemudian menguasai pembacaan trend isu dan pemberitaan, menguasai mitigasi konflik dan risk management, menguasai teknik komunikasi interpersonal, dan menguasai teknik komunikasi publik.

“Penguasaan media sosial juga perlu dimiliki Bakohumas, seperti pemahaman setiap platform (seperti Twitter, Tiktok, dan Instagram), memiliki kemampuan dan kedisiplinan dalam mengelola medsos, memiliki komunikasi yang baik dengan influence, dan mampu membuat konten informatif yang menarik,”pungkasnya. (Kominfo/ist)

Bagikan

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For the Audio Comments plugin to work, you need the Audior files to be uploaded to the wp-content/plugins/audio-comments/audior folder. For more details check out the installation instructions.