Bupati Demak Sampaikan Capaian Prestasi Demak 2023

Demak – Bupati Demak Eisti’anah kembali hadir menyapa warga melalui Talkshow Bincang Lebih Dekat Bersama Bupati Demak di studio RSKW 104.8 Fm. Acara yang di pandu Host Endah Cahya Rini Kadinkominfo Demak dan Co Host Nikhita ari berlangsung santai ini mengangkat tema Kilas Balik Gemilang Demak 2023, Rabu, (13/12).

Pada kesempatan tersebut Bupati menyampaikan kebehasilan yang telah di raih oleh kabupaten Demak pada tahun 2023.

“Dalam kurun waktu setahun ini tentu banyak sekali capaian-capaian yang kita raih mulai dari penghargaan baik dari tingkat pusat, tingkat nasional maupun tingkat provinsi. Seperti sektor kemiskinan, pengangguran, stunting,” Kata Eisti.

“Seperti angka kemiskinan dari tahun 2021 12,9 sekian persen kemudian tahun 2022 saat covid itu alhamdulillah menjadi 12.09 persen, dan di tahun 2023 kemarin baru saja di keluarkan angkanya dari BPS itu 12.01 persen. Penurunan dari tahun 2022 ke 2023 ini tidak terlalu signifikan sehingga menjadi evaluasi kami. Dengan begitu kita nanti bekerjasama dengan Bappeda untuk membuat formulasi dalam hal perencanaan, sehingga di tahun 2023 formulasi apa yang akan kita buat sehingga capaian-capaian ini bisa lebih baik lagi kedepannya,” Jelas Eisti.

Sementara itu Eisti juga mengungkapkan dari segi angka pengangguran juga mengalami penurunan lumayan banyak.

“Ini berarti menunjukan program yang kita buat ini di tahun 2023 outcome nya sudah benar dengan program-program yang kita buat. Ini alasan kami di saat pandemi covid 2022 namun kita tidak berputus asa dan kita membuat terobosan seperti job fair besar-besaran dengan bekerjasama dengan beberapa perusahaan. Tidak hanya dengan yang mempunyai skills saja, unskilled, disabilitas, kita perhatikan dan ini mengurangi angka pengangguran yang sangat luar biasa,” ungkapnya.

Sementara untuk angka stunting luar biasa sekali dengan kerjasama bersama angka stunting di tahun 2021 sekitar 25% , kemudian di tahun 2022 16 % sehingga mengalami penurunan.

“Kami menjadi Kabupaten yang pertama yang mengalami tingkat penurunan yang sangat signifikan. Sementara untuk di tahun 2023 untuk datanya sedang di olah dari BKKBN kemungkinan angkanya sekitar 10%. Karena target kita di tahun 2024 angka stunting turun di 14%. Namun kita masih menunggu hasil ya karena angkanya belum keluar, kemungkinan ya di bawah 14% sekitar 10% atau 11 %. Ini merupakan hal sangat menggembirakan karena program-program yang kita buat ini sudah lumayan,” tutupnya. (Kominfo/Apj).

Bagikan

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For the Audio Comments plugin to work, you need the Audior files to be uploaded to the wp-content/plugins/audio-comments/audior folder. For more details check out the installation instructions.