Komisi Informasi Jateng Visitasi PPID Kabupaten Demak

Demak – Tim Komisi Informasi (KI) Provinsi Jawa Tengah sambangi PPID Demak, kunjungan tersebut sebagai visitasi dalam tahapan pemeringkatan badan publik , Badan Publik tahun 2023. Rabu, (1/11/2023). Visitasi dilakukan mengingat berdasarkan hasil Slf Assessment Questionare (SAQ) melalui E-Monev, PPID Demak lolos beserta PPID RSUD, PPID Desa Tlogoweru , desa Sumberejo Kecamatan dan desa MutihKulon.

Rombongan para komisioner KI Jawa tengah di pimpin oleh Sutarto diterima Sekda Demak Akhmad Sugiharto, Sekretaris Dinas Kominfo Indrijantoro Widodo, Kabid IKP Dinkominfo Demak Agus Pramono diruang Bapelitbangda. Turut hadir di acara tersebut para Ketua PPID yang terpilih.

Komisioner Komisi Informasi Sutarto dalam kesempatan tersebut menyampaikan, kunjungan tim ini dimaksudkan untuk visitasi dan melihat kondisi di lapangan atas pelayanan informasi yang telah dilaksanakan oleh perangkat daerah sebagai badan publik.

“Hari ini kita ingin melihat bukti dukung, data yang telah dikirim Demak kepada kami apakah benar adanya?, serta visitasi ini dilakukan untuk PPID Kabupaten Demak, PPID RSUD Suka, PPID desa Mutihkulon Kecamatan Wedung, PPID Sumberejo Kecamatan Mranggen, dan PPID desa Tlogoweru Kecamatan Guntur,” Kata Sutarto.

Adapun indikator penilaian dalam visitasi tersebut diantaranya pengadaan barang dan jasa, keuangan daerah, serta kelembagaan PPID.

Sementara Sekda Demak Akhmad Sugiharto mengatakan bahwa tingginya keinginan masyarakat untuk memperoleh informasi harus diimbangi dengan kesadaran penyelenggara pemerintahan khususnya Badan Publik untuk mengelola informasi dengan prinsip good governance, tata kelola yang baik dan akuntabilitas.

“Kita harapkan mendapatkan hasil yang maksimal. Ini merupakan kerja kita bersama semoga di tahun 2023 bisa masuk 3 besar lagi seperti tahun-tahun sebelumnya. Perjuangan untuk menjadi informatif tidak mudah. Bupati Demak sebagai pimpinan badan publik tetap berkomitmen dan sebagai pelayan masyarakat jangan sampai anti kritikan dari masyarakat,” kata Sekda. (Komf/ ry/Ist/Apj).

Bagikan

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For the Audio Comments plugin to work, you need the Audior files to be uploaded to the wp-content/plugins/audio-comments/audior folder. For more details check out the installation instructions.