JEMBATAN APUNG SAMBUNG ROSO, GANTIKAN PERAHU TAMBANG

Demak- Sebelumnya untuk mempercepat waktu dan menyingkat perjalanan dari desa Sambung Kecamatan Gajah Kabupaten Demak menuju Desa Undaan Kabupaten Kudus warga memanfaat perahu penyeberangan atau perahu tambang. Angkutan penyebarangan air tersebut sudah berlangsung bertahun-tahun berjalan.

Namun kini angkutan air tersebut telah digantikan dengan jembatan apung yang berkonstruksi kayu dan bambu. Untuk bisa mengapung dibawah jembatan diberi drum plastik. Dengan adanya jembatan apung penyeberang lebih aman dari pada menggunakan perahu.

Penjaga jembatan Tarno yang sebelumnya mengelola perahu tambang ini mengaku Jembatan yang  menelan biaya 350 juta ini dalam di bangun oleh investor ini memiliki Panjang  90 m dan lebar 2,5 m.

“Ada investor yang menawarkan pembangunan jembatan disini, ya saya iyakan saja karena dapat mempermudah akses warga dari Sambung Demak menuju Kudus maupun sebaliknya. Dan untuk pengguna jembatan yang menggunakan sepeda motor sekali menyeberang membayar 2.000 rupiah” Jelas Tarno, Minggu (5/2/23).

Hadirnya jembatan apung yang menghubungkan 2 Kabupaten melintang di sungai Wulan disambut positif warga. Mereka merasa aman dan nyaman saat beraktifitas menyeberang.

Nor Salam warga Desa Sambung Kecamatan Gajah  merasa sangat senang atas pembangunan jembatan apung tersebut, Lantaran warga yang berprofesi sebagai guru di kecamatan Undaan Kudus ini setiap hari harus menyeberangi Sungai Wulan dengan perahu untuk mencapai sekolahan tempat ia mengajar sebelumnya.

“Alhamdulillah sekarang akses ke Kudus menjadi mudah. Sebenarnya lebih unik menggunakan perahu, namun rasanya was-was apalagi saat sungai wulan banjir” tuturnya

​​​​​​​Selain memudahkan akses penghubung dua kabupaten tersebut, hadirnya jembatan apung yang diberi nama Sambung Roso ini juga mempercepat waktu sampainya dan menghemat biaya karena tarif yang ditentukan oleh pengelola jembatan sangat murah. (Kominfo/rd-bib)

Bagikan

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For the Audio Comments plugin to work, you need the Audior files to be uploaded to the wp-content/plugins/audio-comments/audior folder. For more details check out the installation instructions.