Pemkab Demak Menerima Kuker dari BBPMP Jateng

Demak – Pemerintah Kabupaten Demak menerima kunjungan dari Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Tengah (BBPMP Jateng). Kuker yang dipimpin oleh Kepala BBPM Jateng Nugraheni bersama rombongan diterima secara langsung oleh Pj Sekda Demak Eko Pringgolaksito, Kamis (29/12/22) di Pendopo Timur Komplek Kantor Bupati Demak.

Adapun tujuan kuker tersebut yakni untuk melakukan pemaparan rapor pendidikan daerah yang didalamnya termasuk capaian literasi.

Dalam kesempatan tersebut Kepala BBPM Jateng Nugraheni memaparkan, Bupati sebelumnya telah mencanangkan Kabupaten Demak sebagai Kabupaten literasi. Dirinya berharap nantinya Demak bisa menjadi model implementasi literasi.

“Seperti diketahui sebelumnya Kabupaten Demak telah dicanangkan sebagai Kabupaten literasi, apakah nantinya program Kabupaten literasi akan dihidupkan lagi?. Saya berharap Demak dapat menjadi model implementasi literasi dan seluruh OPD bisa turut bersama-sama mendukung program literasi tersebut,”kata Nugraheni.

Menggapi hal tersebut Pj Sekda Eko Pringgolaksito menyampaikan, Kabupaten Demak akan segera meluncurkan Program Literasi Award.

“Kita akan segera luncurkan Literasi Award. Bersama Kemenag nantinya kita akan buatkan surat edaran. Kalau perlu dengan Peraturan Bupati biar kuat. Nanti setiap sekola, sebelum KBM dimulai, 5-10 menit disempatkan untuk membaca. Karena maaf, literasi di sekolah kita drop,”kata Eko.

Eko juga menyampaikan urusan pendidikan harus melibatkan semua kepentingan pendidikan di Kabupaten Demak, agar masalah pendidikan dapat diselesaikan dengan baik. Sedangkan, terkait pembiayaan pendidikan, pihaknya juga menekankan bahwa untuk mendukung pendidikan tidak semua hal harus bersumber dari APBD, OPD juga bisa memanfaatkan potensi sumber dana yang bisa dioptimalkan.

Sementara itu, Waliwilayah Kabupaten Demak Zainal Kabir mengatakan, bahwa dengan adanya pendampingan ini akan semakin menguatkan kolaborasi dan sinergi semua kepentingan pendidikan di Kabupaten Demak.

“Melalui dukungan dan kerjasama pemangku kepentingan di Kabupaten Demak dapat saling menguatkan untuk meningkatkan mutu pendidikan sehingga capaian literasi dan numerasi setiap tahun bisa meningkat,”pungkasnya. (kominfo)

Bagikan

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For the Audio Comments plugin to work, you need the Audior files to be uploaded to the wp-content/plugins/audio-comments/audior folder. For more details check out the installation instructions.